layu bakteri

layu jamur

Mengatasi Penyakit Layu Pada Tanaman Cabe dan Tomat

Cabe dan tomat merupakan tanaman golongan solanaceae. Karekteristik tanaman perdu ini mempunyai potensi besar untuk terserang hama dan penyakit karena fisiologi tanamannya yang cocok untuk berkembangbiaknya hama penyakit. Terutama apabila cuaca mendukung. Dalam budidaya tanaman cabe, salah satu penyakit yang berpotensi mengakibatkan gagal panen adalah penyakit layu.

Penyakit layu pada tanaman cabe sebenarnya disebabkan oleh dua mikroorganisme, yaitu jamur dan bakteri. Serangan penyakit ini berawal dari dalam tanah, lalu menginduksi akar tanaman. dari akar tanaman, jamur atau bakteri ini menjadi parasit yang memakan sari-sari makanan yang dibutuhkan oleh tanaman. Akibatnya tanaman cabe dan tomat menjadi layu kemudian kering dan mati.

Sebenarnya ada perbedaan yang nyata antara serangan layu bakteri dan serangan jamur. Berikut saya akan mengupas satu per satu:

Layu Jamur (Fusarium)

Layu ini disebabkan oleh infeksi jamur fusarium sp. Cara kerjanya menginduksi akar tanaman lalu membentuk koloni di pangkal batang tanaman. Jamur fusarium yang berkoloni tersebut menyedot nutrisi yang dibutuhkan tanaman sehingga suplai makanan yang diserap akar yang seharusnya di distribusikan ke jaringan tanaman menjadi berkurang dan lama-kelamaan berhenti dan mati.

layu fusarium

Gejala yang paling mudah nampak pada layu fusarium dapat kita amati adalah tanaman menjadi layu pada siang hari, kemudian segar kembali di sore hari. Serangan akan terus berlangsung sampai seminggu lalu tanaman akan kering dan mati. Untuk mengatasi penyakit layu fusarium ini anda dapat menggunakan fungisida sistemik dengan cara dikocor ke pangkal batang tanaman.

Layu Bakteri (Pseudomonas)

Layu ini berbeda dengan layu akibat jamur. Serangan berlangsung relatif lebih cepat, tanaman layu lalu kering dan mati dalam waktu singkat (biasanya berlangsung 3 harian). Untuk menanggulangi serangan bakteri ini anda dapat mengaplikasikan bakterisida.Penyebarannya akibat kondisi lembab dan genangan air yang telah terkontaminasi.

layu bakteri

Tips Penting Jika Tanaman Cabe/Tomat Anda Terserang Penyakit Layu:

  1. Jangan Diairi (digenang). Dengan menggenangi air maka anda justru akan mempercepat penyebaran jamur dan bakteri untuk menular ke tanaman lainnya.
  2. Cabut dan Musnahkan tanaman yang terserang. Hal ini untuk mencegah penularan.
  3. Kurangi penggunaan pupuk N. Kandungan nitrogen yang terlalu tinggi di dalam tanah justru dapat mempermudah perkemabngbiakan jamur dan bakteri.
  4. Kocor dengan pestisida berbahan aktif tembaga hidroksida secara merata ke seluruh pangkal dan akar tanaman.

Demikian sedikit tips dari TeknikBudidaya.Com. Semoga bermanfaat :-)

Kata Kunci Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>