budidaya ikan koi

cara memelihara ikan koi

Cara Budidaya dan Memelihara Ikan Koi

 

ikan koi

Budidaya Ikan Koi. Siapa yang tidak mengenal ikan koi, ikan dengan warna yang menarik dan kerap dijadikan hiasan dalam kolam kecil rumah ini sangat menyenangkan untuk dipandangi di pagi atau sore hari untuk sekedar melepas penat dalam pikiran. Ikan ini pertama dikenal tahun 265 dan 316 Masehi pada masa dinasti Chin. Ada beragam jenis koi dari jenis paling unggul hingga jenis yang biasa. Begitupun dengan harga yang ditawarkan dari ikan koi tergantung varietas dan bentuk serta ukuran koi. Jika Anda menginginkan budidaya ikan koi, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan.

Tips Budidaya Ikan Koi

  • Tentukan lokasi pembenihan hingga perawatan ikan. Lokasi yang baik adalah dimana ditempatkan pada kolam ikan yang terkena sinar matahari langsung dan tersedianya makanan alami di dalam kolam. Tapi ingat sinar matahari yang berlebihan juga tidak akan baik untuk pewarnaan tubuh koi serta menjadikan suhu air tidak stabil.
  • Perhatikan kualitas air dan pencahayaan serta suhu air. Ikan koi lebih suka pada kolam yang memiliki air jernih dan memiliki suhu kolam teratur. Dengan keadaan ini akan membuat ikan tumbuh secara maksimal serta memiliki warna yang bagus.
  • Jangan lupa untuk pakan. Pakan dari ikan koi bisa pakan buatan atau pakan alami. Usahakan untuk memilih pakan yang berprotein tinggi dan baik untuk ikan. Pakan buatan berupa pelet sedangkan pakan alami berupa cacing-cacingan.
  • Pewarnaan ikan koi. Ikan koi yang di budidayakan di kolam lumpur akan memiliki warna yang cukup bagus dibandingkan dengan ikan koi yang dibudidaya di klam tembok atau aquarium.

Bagi Anda yang menginginkan keberhasilan dalam budidaya ikan koi, setidaknya Anda telah memahami perawatan koi dari pembenihan hingga panen.  Informasi dari internet, majalah dan balai pelatihan budidaya atau badan perikanan akan sangat membantu Anda tentunya.

Kata Kunci Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>