budidaya ikan hias

cara budidaya ikan hias

Budidaya Ikan Hias Yang Menyenangkan

Budidaya Ikan Hias. Ikan adalah jenis hewan yang sangat digemari oleh sebagian orang, apalagi saat ikan ini memiliki warna dan bentuk yang bermacam-macam sehingga sangat menyenangkan saat dilihat. Untuk memelihara ikan hias tidaklah mudah apalagi untuk budidaya ikan hias.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan hingga mendapatkan ikan hias mempesona dan terawat. Sebagian orang memelihara ikan adalah hiburan dan hobi, tetapi jika Anda menikmati merawat ikan hias, hal ini akan membawa Anda pada bisnis dan tentunya menguntungkan.

ikan hias

Beberapa Hal yang Perlu Anda Perhatikan Dalam Budidaya Ikan Hias

  • Lingkungan hidup ikan. Beberapa ikan hias tawar dan laut memang dapat hidup diberagam tempat dan mampu menyesuaikan diri dengan cepat, tetapi tidak untuk beberapa jenis ikan. Lingkungan air yag pas, ideal dan cocok untuk ikan hias adalah pada suhu 24-30 derajat celcius dan PH 6-7.
  • Jenis air. Untuk ikan hias lebih suka dan cenderung tumbuh sehat pada kolam yang diairi dari air sawah, sumber mata air atau air PDAM. Ikan yang tumbuh pada air jernih dengan tingkat keasaman rendah akan memudahkan pertumbuhan serta menjauhkan ikan hias dari penyakit.
  • Pakan. Jangan sampai terlewat untuk urusan pakan, baik pakan buatan atau pelet dan pakan alami atau cacing, lumut dan plankton bisa menjadikan pakan yang akan menutrisi ikan hias.
  • Indukan dan pemijahan. Pilihlah indukan yang bagus untuk mendapatkan anak ikan yang bagus pula. Induk betina maupun jantan pastikan telah cukup umur. Lakukan pemijahan berdasar jenis ikan dan pisahkan ikan indukan dengan ikan anakan (bukan indukan) pada kolam yang berbeda.

Demikian adalah seidikit tentang budidaya ikan hias. Jika Anda berminat, menggeluti usaha ini setidaknya akan menambah pengahasilan Anda setiap bulan. Dan Andapun bisa menyalurkan hobi  sekaligus berbisnis.

Kata Kunci Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>